Pameran Foto "Kilas Balik Jawa Barat 2013"

Kemarin, aku nyempetin dateng ke Gedung Indonesia Menggugat di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5 Bandung, di sana lagi ada pameran foto bertajuk "Kilas Balik Jawa Barat 2013". Pameran ini bukan pameran biasa, melainkan setiap foto yang dipajang adalah hasil karya tangan wartawan-wartawan di Jawa Barat yang kerap mengabadikan momen-momen penting untuk pemberitaan maupun kebutuhan komersil lainnya. Hasil karya yang dipamerkan di Gedung Indonesia Menggugat atau GMI ini jelas telah melalui serangkaian seleksi ketat mengingat sepanjang tahun 2013 lalu banyak sekali peristiwa-peristiwa yang terjadi di Jawa Barat dari mulai bencana alam hingga kontroversi poligami para wakil rakyat.
Berikut aku posting beberapa foto yang dipamerkan di Pameran Foto "Kilas Balik Jawa Barat 2013", gak bisa semua, soalnya banyak bangeeeeet. Look down and happy seeing! :)

"Pameran Kilas Balik. Jangan Hanya Jadi Rutinitas"

Krishna Ahadiyat beserta 2 karyanya. Krishna adalah seorang wartawan yang meninggal tahun 2013 lalu karena sakit. Pameran ini sekaligus sebagai penghormatan terakhir kepada beliau.

Ruang utama pameran menggunakan ruangan paling besar di GMI, aku gak tahu juga sih selain pameran ada acara apalagi soalnya aku ke sana kemaleman dan harusnya udah ditutup untuk umum hehehe.

Malem itu selain cuma aku sebagai pengunjung, ada juga beberapa kelompok orang (yang pasti seniman, wartawan, dan photographer) yang lagi sibuk berdiskusi untuk kelangsungan acara pameran foto yang denger-denger bakal diadakan sampai tanggal 25 Januari nanti.

Sepi banget yah, aku jadi malu sendiri dateng disaat pameran udah tutup, sampe-sampe ada seorang fotograper sekaligus panitia pameran nanya "Telat ya? Tadi siang kemana aja baru dateng jam segini?" Hihihi.


 GMI ini arsitekturnya gaya Belanda banget, tipe-tipe bangunan zaman dulu. Itu juga mungkin yang membuatnya cocok jadi tempat pameran foto bertema historikal. Lighting atau pencahayaan ruang pun dibuat agak gelap agar foto yang dipajang terkesan vintage dan bernilai sejarah masa lalu.

Bencana longsor di daerah Cililin, Kabupaten Bandung.

Banjir Bale Endah...



 Pembagian Balsem atau Bantuan Langsung Sementara, konpensasi dari kenaikan harga BBM tahun 2013 silam


Satu dari sekian foto yang paling aku suka! :)

Tawuran antar pelajar SMP (._.)/||


Lucuuuuuu, wartawannya jago banget ambil angle yang bagus.

Peristiwa pelemparan bus pemain PERSIB oleh The Jak

Wasitnya sampe berdarah-darah gitu di bajunya :|


"Rumah Hantu"


Ribuan ikan di waduk Jatiluhur mati, diduga akibat adanya pencemaran oleh bahan kimia berbahaya dari limbah pabrik.

 Ini ayamnya makan bangkai ular, gak ngerti lagi ular buat apa soalnya gak baca keterangan fotonya ._.

Ini foto di Tasikmalaya :')

Rekapitulasi adegan pembunuhan model cantik Siska Yofie di daerah Cipedes, Kota Bandung. Deket rumah aku ini ._.

Ditiadakannya pelajaran bahasa Sunda dalam kurikulum 2013 ini tentu saja menuai protes dari banyak pihak terutama insan akademia Jawa Barat. Ya iyalah masa bahasa daerah dihilangkan, mau jadi seperti apa lagi budaya asli Indonesia yang sudah dijajah budaya Barat ini?

PS: Polisinya yang sebelah kiri mirip Zayn Malik cedikit :p

Dari jauh keliahatannya kayak tradisi bambu gila, tapi kan harusnya bukan di Jawa Barat. Eh ternyata dari deket golok raksasa :[

 Tiga jenazah korban longsor disemayamkan di mesjid sebelum diambil pihak keluarga :"[

Coba tebak siapa yang pakai baju abu-abu di sebelah kanan itu? Yap, dia Aceng Fikri! Mantan bupati Garut yang sempat menghebohkan negara dengan menikahi (dan lalu menceraikan karena alasan bau mulut) gadis di bawah umur -___-
Yang aku suka dari foto ini bukan caption apalagi modelnya, tapi lighting-nya. Kalau kalian lihat langsung di pameran, orang-orangnya Aceng Fikri yang berdiri di belakang itu bak seperti hantu atau vampire yang lagi siap-siap menerkam mangsanya, pengacara Aceng Fikri yang lagi bercuap-cuap ria membela kliennya yang jelas-jelas telah terbukti bersalah.

Lihat foto ini jadi inget tweet-tweetnya Ustadz Felix Siauw, beliau benar-benar gencar melakukan penolakan terhadap ajang pemilihan ratu sejagad tersebut.


Ini dia foto yang paling aku suka! Suka banget! Lucuk! Kepikiran yang motonya mau nungguin anak ini rubah-rubah ekspresi pas lagi Ujian Nasional tingkat SD.

Nah, daripada penasaran mending dateng langsung ke Gedung Indonesia Menggugat Bandung sebelum tanggal 25 Januari 2014. Gak rugi kok melihat dan menghargai karya orang lain, apalagi kalau kalian suka photography, wajib banget buat dateng :)
 "Karena hanya dengan memotretlah kita bisa menghentikan waktu.." - Ismahanifa
Post a Comment