belajar mandiin kucing w/ mbak-mbak salon

Dari kecil, aku sukaaaa banget sama kucing, kucing apa aja punya siapa aja jenisnya gimana aja pokoknya aku suka sama yang namanya kucing. Meski begitu, aku belum pernah sekalipun mandiin kucing, pernah sih tapi gak sengaja diceburin ke kolam waktu aku SD -_-
Hari ini, guys, aku ketemu sama seekor kucing yang kebetulan masuk halaman rumahku, kalo aja aku gak lupa motoin tuh kucing, kalian bakal tau betapa dekil dan kumelnya kucing itu ditambah ada noda oli hitam di jidatnya, di buntutnya juga ada padahal ya buntutnya itu lucu banget, semacam angora gitu (buntutnya doang hehe), terus di lehernya ada kalung rantai yang lumayan gede buat ukuran kucing dewasa, ada bandulnya juga lagi, sampe-sampe kucing itu gak bisa tegak kepalanya gara-gara keberatan ama kalung. Tega!

Kebetulan hari ini malem takbiran, sesuai tradisi tahun ke tahun, aku dan mami pergi ke salon, gak ribet-ribet amat sih cuma kebetulan (lagi) aja aku mau potong rambut. Pas mau pergi, ada sederet rasa sedih kalo musti ninggalin si kucing dekil... Singkat kata langsung di salon beserta mami dan kucing dekil yang diikutsertakan!
Waktu itu, si mbak-mbak yang lagi gak ada kerjaan di salon nanya kenapa aku bawa kucing, aku bilang aja kasihan, terus dia bilang dia juga suka kucing dan hobi mandiin kucing. Langsung dah pas itu aku bilang pengen belajar mandiin, lalu..... ayo kita mandikan kucing! :D
Ini step-step mandiin kucing versi aku:


Pertama, siapin dulu aer anget.. Penting lho?! Kan kasian kalo kucingnya mandi air dingin, karena jarang mandi jadi gak akan boros ini ya? Tapi jangan terlalu anget juga, dikira-kira aja, kecuali kalo kucingnya berkutu, lebih angetan dikit biar kutunya pada mati.
Kedua, yang paling penting nih! Pastikan kucingnya sehat, gak sakit sedikitpun! Ingat ya?! jangan sampai kucingnya abis mandi malah sakit... Atau kasih makan dulu beberapa jam sebelum mandi biar antibodinya kuat.
Ketiga, bilas seluruh badan si kucing dan jangan lupa buat ngebilas bagian muka si kucing dengan tangan atau kain basah hati-hati, karena apabila air sampai masuk pada telinga, hidung dan mata secara berlebihan hal itu dan merusak indera si kucing tersebut.
Keempat, sabunin terus gosokdengan perlahan bulu kucingnya dengan shampoo khusus kucing. Tapi kalo gak ada shampoo khusus, pake aja shampoo khusus bayi untuk menjaga kelembutan bulu si kucing, Jangan pernah memakai shampoo mandi dewasa atau sabun mandi, apalagi sabun colek, hasil bersihnya memang bisa sama, tapi kehalusan bulu si kucing yang akan berubah.
Kelima, memandikan kucing akan lebih baik apabila membilasnya dengan memakai shower, hal ini akan mempermudah proses pemandian. tapi apabila tidak memiliki akan lebih baik lagi memandikannya dengan memakai tempat pemandian bayi atau ember setinggi leher kucing. kucing pun bisa direndamkan secara berdiri dalam ember tersebut yang telah berisi air hangat dengan maksimal batas ketinggian air setinggi leher. but be carefull, karena kucing bisa terendam kelelep bila kita lengah, cara mengantisipasinya adalah dengan memegangi leher belakang si kucing terus memerus selama proses pemandian berlangsung dan membiarkan kaki depan si kucing untuk tetap berada memegang pinggiran atas ember agar si kucing tetap dapat berdiri.
Keenam, setelah dibilas hingga bersih, keringkan si kucing. ada 2 tahap dalam mengeringkan si kucing, tahap pertama adalah dengan memakai handuk, dan tahap selanjutnya adalah dengan memakai blower/pengering rambut. tahap pertama untuk memastikan bahwa bulu  si kucing sudah tidak jenuh air dan untuk mempermudah dan mempersingkat tahap pengeringan memakai blower yang mana fungsinya adalah untuk memastikan si kucing benar-benar kering 100%.
Ketujuh, pastikan bahwa si kucing benar-benar kering pada tahap pengeringan dengan memakai blower, karena apabila tubuh kucing masih dalam keadaan lembab akan berpotensi untuk menjadi sarang kutu dan jamur ditubuhnya, well.. kalau begitu jadinya, perjuangan kita dalam memandikan kucing sungguh akan sia-sia belaka, kan cape percuma ntar! huhu

Sekian dulu, mau tidur, kan besok lebaran haji
おやすみすべて :)
Post a Comment